Wednesday, November 5, 2014

WAKTU YANG BERLALU ADALAH PENGUKIR SEJARAH HIDUP MANUSIA


Pernahkah merenungkan bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini disadari ataupun tidak dia telah membuat sejarah baru untuknya? Mengapa demikian ? Karena setiap apa yang dialami oleh setiap manusia dari masa ke-masa secara otomatis akan menjadi sejarah hidupnya.
Fenomena ini sering tidak disadari oleh manusia, sehingga ia tidak pernah berpikir bagaimana menciptakan sejarah hidup yang baik bagi dirinya. Kehidupannya mengalir tanpa berusaha berkarya untuk menjadi yang terbaik bagi diri dan orang lain. Mereka kadang mengerti tentang hal ini tapi tidak menyadarinya sehingga tidak ada upaya untuk mengukir sejarah yang lebih baik.

Prestasi apa yang telah anda ciptakan dalam hidup ini ? ini adalah pertanyaan yang sangat penting kita renungkan, dan sangat penting kita jawab dengan jawaban yang tepat dalam kehidupan nyata kita, bukan sekedar jawaban lisan yang sarat dengan istilah. Banyak prestasi yang telah anda raih dalam berbagai sudut pandang yang tidak bertentangan dengan Agama, berarti anda telah mengukir sejarah yang baik untuk hidup anda.

Sebagai sebuah contoh seorang pejabat telah berhasil menjalankan tugas yang telah diembannya sehingga banyak prestasi yang telah diraih dari berbagai pihak. Selain prestasi diraih ia juga memberikan sumbangsih besar untuk kesejahteraan rakyat. Bukannya seorang koruptor yang banyak mendapatkan kecaman dan celaan dari banyak orang, yang menyebabkan bahaya dan kesusahan bagi banyak orang.

Prasasti apa yang telah anda buat dalam hidup ini ? seperti halnya poin prestasi di atas pertanyaan ini sangat penting untuk kita renungkan. Kalau  kita ambil pemahaman prasasti adalah Subah peninggalan berharga, maka peninggalan berharga macam apa yang kita tinggalkan di belakang jejak kita? Sering kita tidak berpikir jejak-jejak yang kita tinggalkan adalah prasasti. Jadi seorang manusia bisa memberikan peninggalan yang baik yang tetap akan bermanfaat hingga dunia berakhir dan juga bisa meninggalkan sesuatu yang tidak ada gunanya bahkan menjadi sesuatu yang merepotkan.

Sebagai salah satu contoh seorang yang ditakdirkan memiliki kemampuan dalam hal harta, ia ikut berpartisipasi aktif dalam pembuatan jembatan, tempat pendidikan, tempat ibadah dan sarana umum lainnya. Dialah seorang yang telah membuat prasasti-prasasti baik untuknya.

Sahabat-sahabat semua yang punya potensi besar untuk berprestasi dan membuat prasasti, di atas adalah contoh kecil dari dua hal yang baik yang belum dapat mewakili dari ribuan kebaikan itu sendiri, oleh karenanya marilah kita senantiasa merenungkan prestasi apa yang akan kita raih dan prasasti apa yang akan kita ciptakan sesuai dengan proporsi dan posisi kita masing-masing yang sangat kompleks dan beragam.

Prestasi dan prasasti yang kita sandang adalah ukiran sejarah mulia yang kita perjuangkan dalam kehidupan yang fana ini, terus semangat wahai sahabat dalam kebaikan. Semoga kesuksesan menyerta kita semua.

0 komentar:

Post a Comment