Friday, November 21, 2014

MOTIVASI : BESARKAN JIWA DENGAN SECERCAH KEBAIKAN


“Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.” Pepatah sederhana yang mungkin tidak asing bagi kita orang Indonesia, pepatah ala Indonesia ini sangat dikenal dan populer, namun sudahkan anda renungkan seberapa besar makna pepatah ini bagi kehidupan kita, kehidupan manusia?.
Pepatah ini sederhana tapi maknanya tak sesederhana apa yang kita pikirkan, kita bisa memaknainya, bahwa bila kita mengumpulkan sesuatu sedikit demi sedikit maka pada saatnya nanti kita akan temui sedikit itu menjadi banyak, bila kita mengumpulkan serupiah demi rupiah, pada saatnya kita akan dapatkan sepundi. Namun sesungguhnya pepatah ini tak sekedar berbicara tentang hidup hemat, atau ketekunan menabung.
Pepatah ini menyiratkan tentang sesuatu yang lebih berharga dari sekedar sekoper uang, yaitu: bila kita mampu mengumpulkan kebaikan dalam setiap tindakan-tindakan kecil kita, maka kita akan dapati kebesaran dalam jiwa kita.
Bagaimanakah tindakan-tindakan kecil itu mencerminkan kebesaran jiwa sang pemiliknya? Yaitu, bila disertai dengan secercah kasih sayang di dalamnya. Ucapan terima kasih, senyuman, sapaan ramah, atau pelukan bersahabat, adalah tindakan yang mungkin sepele saja. Namun dalam liputan kasih sayang, ia jauh lebih tinggi daripada bukit tabungan anda.
Menyisihkan duri dijalan, menunjukkan jalan orang yang tersesat, santun dalam bersikap, hati-hati dan ramah dalam berbicara adalah kebaikan-kebaikan yang bisa kita kumpulkan berawal dari keyakinan (iman) yang lama tertanam dalam dada, hingga pada saatnya nanti akan menuai hasil jauh menakjubkan dibanding dengan apa yang anda pikirkan.
Orang dicintai bukan banyak hartanya, orang dirindukan bukan karena rupanya, orang dihormati bukan karena jabatannya, namun orang akan dicintai, dirindukan, dan dihormati karena ia kaya kebaikan. Orang yang paling beruntung di dunia ini adalah yang paling paham tentang kebaikan dan mau melakukannya secara teratur.

Mulialah melihat yang dengan teliti hal kecil-kecil di sekitar kita dari kebaikan-kebaikan, kumpulkan hingga ia menjadi  hal yang dapat meninggikan derajat kita di sisi Tuhan yang maha kuasa Allah S.W.T.

0 komentar:

Post a Comment